Beranda > Artikel > perangkat keras Untuk Mengakses Internet

perangkat keras Untuk Mengakses Internet

A. GAMBARAN UMUM

Secara umum ada dua (2) cara untuk dapat tersambung ke Internet, yaitu melalui sambungan perorangan dan melalui sambungan perkantoran. Sambungan perorangan (home user) biasanya digunakan di rumah atau kantor menggunakan satu buah komputer saja. Sambungan perkantoran/kampus (corporate user) biasanya berupa sekumpulan komputer yang terkait dalam sebuah jaringan lokal (biasa di sebut Local Area
Network/LAN) yang tersambung pada kecepatan tinggi ke Internet. Dari sisi peralatan, konfigurasi sambungan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Komputer – modem – Internet.
2. Banyak Komputer – Router – Modem – Internet.
Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita lihat gambar berikut.

konfigurasi

Pada sambungan perorangan ke Internet ada beberapa alternatif teknologi sambungan yang banyak digunakan di Indonesia, beberapa di antaranya adalah seperti berikut

● Menggunakan modem dial-up. Pada teknik dial-up, modem dipasang di komputer, baik di dalam maupun di luar kotak komputer. Melalui komputer tersebut, kita dapat menelepon tempat akses Internet.
● Menggunakan handphone. Dengan semakin maraknya penggunaan handphone di Indonesia, Internet melalui handphone juga semakin marak. Hampir semua operator selular di Indonesia memberikan akses Internet sebagai layanan tambahan di jaringan selular mereka. Secara umum ada dua (2) teknologi, yaitu, GPRS dan 3G.
● Menggunakan Wireless, atau WiFi, atau HotSpot. Pada saat ini kebanyakan laptop yang di jual di pasaran telah mempunyai peralatan Wireless Internet atau lebih di kenal WiFi. Dengan peralatan WiFi yang ada kita dapat langsung terhubung ke jaringan Interent di tempat-tempat yang tersedia akses WiFi atau dikenal sebagai
HotSpot.

Beberapa ciri khas sambungan perorangan ke Internet, yaitu,
● Hanya ada satu buah komputer yang tersambung.
● Tidak beroperasi 24 jam penuh dalam satu hari.
● Teknik akses ini relatif mahal harganya, terutama untuk membayar pulsa

konfigurasi-sambungan-aksesPada sambungan perkantoran, WARNET, atau sekolah ke Internet ada beberapa alternatif teknologi sambungan yang banyak digunakan di Indonesia, beberapa diantaranya adalah,

● Menggunakan modem ADSL atau Speedy.
● Menggunakan Wireless Internet.
● Menggunakan Satelit atau VSAT.
Beberapa ciri khas sambungan perkantoran, WARNET atau sekolah, yaitu,
● Banyak komputer tersambung sekaligus ke sebuah sambungan Internet.
● Proses pemakaian bersama satu sambungan Internet bagi banyak komputer
biasanya di bantu menggunakan router.
● Sebagian sambungan beroperasi 24 jam sehari.

B. NOTASI KECEPATAN DATA

Kecepatan pengirim data di media komunikasi biasanya di tulis dalam jumlah bit yang dikirim per detik, atau biasa di sebut “bit per second” atau “bps”. Notasi kecepatan dalam bps sering kita dapati pada peralatan jaringan, seperti modem, Ethernet dll.Beberapa notasi yang sering digunakan
1000 bit/detik = 1 kilo bps = 1 Kbps
1000000 bit/detik = 1 mega bps = 1 Mbps
100000000 bit/detik = 1 giga bps = 1 Gbps
Notasi lain yang sering digunakan untuk mengukur kecepatan transfer data biasanya ditulis dalam jumlah Byte per detik, atau biasanya di sebut “Byte per second” atau “Bps”. Perhatikan pada Byte digunakan huruf besar. Hubungan antara bit dengan Byte adalah
1 Byte = 8 bit
hubungan berikut biasanya digunakan antara Byte dengan bit
1 Kbps = 8 Kbps
1 Mbps = 8 Mbps
Notasi Bps, KBps atau MBps sering kita dapati pada saat kita melakukan evaluasi proses pengiriman data atau pengiriman file/berkas dari jaringan atau Internet.

C. MODEM

Modem (singkatan dari modulator-demodulator) adalah alat yang akan memasukan (memodulasi) informasi digital (berisi bit “1” dan “0”) ke sinyal pembawa yang sifatnya analog (pada kecepatan rendah berbentuk sinyal suara), dan juga mengambil informasi yang di kirim dari sinyal pembawa. Tujuan utama modem adalah untuk membuat sinyalyang dapat dengan mudah di kirimkan di bagian pengirim dan dengan mudah di ubah menjadi sinyal digital lagi di bagian penerima. Modem dapat digunakan pada semua jenis peralatan pengirim sinyal analog, mulai dari dioda, kabel hingga radio.
Contoh yang paling banyak digunakan adalah modem untuk kanal suara yang akan mengubah sinyal digital “1” dan “0” dari komputer menjadi suara yang dapat dikirimkan melalui jaringan telepon. Di sisi penerima suara dari telepon yang di terima akan di ubah kembali menjadi data digital yang di teruskan ke komputer melalui kabel serial, USB atau Ethernet. Modem biasanya di klasifikasikan berdasarkan jumlah data yang dapat dikirim pada satu waktu, biasanya di ukur dalam satuan bit per detik, atau “bps”. Berbagai modem yang cepat yang banyak digunakan oleh pengguna Internet pada hari ini terutama di kota-kota besar di Indonesia adalah modem kabel (contoh melalui fastnet) dan
modem ADSL (contoh melalui Speedy Telkom). Penggunaan modem radio kecepatan tinggi juga cukup marak di Indonesia terutama dengan di kembangkannya teknologi “Wajanbolic e-goen” dan teknologi RT/RW-net.

Di sisi operator telekomunikasi dan Internet, banyak digunakan modem gelombang mikro (microwave) yang dapat mengirimkan data pada kecepatan ratusan juga bit per detik. Dan teknologi yang paling banyak digunakan untuk jarak jauh adalah menggunakan kabel fiber optik termasuk untuk sambungan antar negara dan benua melalui kabel laut. Model optik dapat digunakan untuk mengirimkan data melalui kabel fiber optik. Modem optik dapat mengirimkan data pada kecepatan sekitar 10^9 bit per detik.

Beberapa tampilan modem yang banyak digunakan di Indonesia di perlihatkan pada beberapa gambar berikut ini.

modem

Tampak pada gambar adalah modem internal komputer yang dapat di pasang ke slot yang ada di komputer. Modem jenis ini biasanya digunakan untuk kabel telepon dan harganya relatif murah. Tampak pada ujung modem biasanya terdapat tempat untuk memasukankabel telepon, biasanya terdapat dua (2) buah tempat kabel telepon supaya bisa di paralel ke pesawat telepon biasa. Pada gambar yang lain di perlihatkan pada saat kita memasukan kabel telepon ke modem internal tersebut.
Perangkat lunak yang ada di komputer umumnya telah siap mendukung penggunaan modem internal ini. Jadi kita tidak perlu di tambahkan perangkat lunak tambahan. Jenis modem untuk telepon ini biasanya bekerja pada kecepatan maksimum sekitar 56kbps, dengan kondisi jaringan telepon yang ada di Indonesia kecepatan rata-rata yang dapat di
capai sekitar 30kbps saja.

bagian

Jenis modem lain yang banyak digunakan untuk mengakses Internet mengunakan kabel selular adalah modem 3G. Modem 3G dapat berupa handphone, atau berupa USB seperti flashdisk.
Biasanya kita akan membutuhkan perangkat lunak tambahan untuk menggunakan modem 3G di komputer. Kecepatan akses Internet yang dapat di peroleh menggunakan modem 3G sangat tergantung pada lokasi tower selular yang mendukung akses 3G.

Untuk lokasi yang dekat sekitar 100-200 meter dari tower operator selular 3G, kita mungkin akan memperoleh akses Internet sekitar 1-2 Mbps. Untuk lokasi di luar kota atau daerah yang jauh dari tower operator selular 3G kemungkinan kita akan memperoleh kecepatan cukup pelan sekitar 9,6-20 Kbps.

adsl

Jenis modem yang semakin banyak digunakan di Indonesia adalah modem ADSL, atau lebih sering di kenal sebagai modem Speedy Telkom. Sebetulnya modem ADSL yang banyak di pasaran tidak murni modem seperti modem internal yang di jelaskan di atas. Modem ADSL yang banyak di Indonesia merupakan gabungan dengan router di dalamnya.
Sebetulnya lebih tepat di sebut router ADSL, tapi kebanyakan orang tetap menyebutnya modem ADSL.

Komputer akan tersambung ke modem ADSL biasanya melalui kabel jaringan lokal atau kabel Ethernet. Tidak ada perangkat lunak khusus yang di perlukan untuk menyambungkan komputer ke modem ADSL tersebut. Beberapa modem ADSL telah menyiapkan tempat memasukan kabel jaringan Ethernet untuk sampai empat (4) komputer sekaligus.
Kecepatan maksimum yang dapat digunakan pada generasi terakhir modem ADSL menggunakan teknologi ADSL 2+ adalah sekitar 15Mbps untuk jarak antara rumah ke sentral telepon sekitar 1.5 km. Pada saat ini, Speedy Telkom di banyak tempat di Indonesia

About these ads
  1. Lia
    Juli 22, 2009 pukul 4:49 am

    …………………………………………………
    …………………………………………………
    …………………………………………………
    No comment

  2. andari
    Agustus 10, 2009 pukul 10:00 am

    apa aja sii perangkat keras buat akses internet jaringan lokal??

  3. doyseta
    Agustus 19, 2009 pukul 1:52 am

    Hallo Andari
    perangkat keras buat internet jaringan lokal. LAN, sebagai yang setandar kita akan menggunakan akses propider nya apa?… misalnya anda menggunakan pasilitas dari Telkom, yaitu dengan speedy..
    perangkat keras yang di butuhkan terdiri dari :
    Mulai dari Kabel, Konektor, NIC, HUB. low PC jelas udah ada ya Mas.

  4. farrah fachri
    November 22, 2009 pukul 9:10 pm

    ini artikel bagus banget , cocok banget sama yang aku butuhin untuk buat artikel yang disuruh sama pak Hendra :)

  5. November 23, 2009 pukul 12:57 am

    ok!!!!

  6. IK
    November 23, 2009 pukul 4:25 am

    tolong dong, perangkat apa aja si yg dipakai u/ membangun wi-fi

  7. dinda fl
    Desember 17, 2009 pukul 4:54 am

    kesimpulannya pa.? ? ? ?

  8. doyseta
    Desember 19, 2009 pukul 3:30 am

    @farah Fachri
    hehhehe… sedot.. aj.. moga bermanfaat ea..mas.BTW Pak. Hendra mana nih?
    @Ariev
    cuma belajar aj..mas thank ea
    @Ik
    Perangkat yang di butuhkan untuk membangun sebuah WIFI..banyak banget.. Mas sendiri nya mau pake Appah..? ea udah tar aku Post tentang WIfi..
    @Dinda Fl
    Kesimpulan apa Embak…hehhee gak jelas akh….

  9. rista
    Desember 21, 2009 pukul 6:29 am

    perangkat lunak nya ga da ya?

  10. nunanunona
    Juli 15, 2010 pukul 6:23 am

    maksih :)

  11. nunanunona
    Juli 15, 2010 pukul 6:25 am

    pothoshopa-nunafrafarhanggi.blogspot.com
    follow yah :)

  12. pepooo
    Juli 15, 2010 pukul 6:28 am

    :)

  13. poetra
    Juli 27, 2010 pukul 1:47 am

    yang lebih ringkas lagi mungkin lebih nak

  14. poetra
    Juli 27, 2010 pukul 1:51 am

    ni gambare yang lebih banyak da ga’

  15. Agustus 2, 2010 pukul 1:15 am

    makasih ya.. atas infonya

  16. brenda anggrella
    September 9, 2010 pukul 8:42 am

    mo tanya nie ?

    emamg ada Hardware GPRS . ia ?

    abisnya aku cari” gak dapat-dapat ne !! ,,,

  17. Oktober 5, 2010 pukul 7:35 am

    thanks berat….

    soalnya dibutuhkan untuk tugas TI….
    :-)

  18. ensa
    Oktober 13, 2010 pukul 2:21 am

    thanks y!!!!!!!!!!!!!!
    yu masriiiiiiiiii mas

  19. ASTIE
    Oktober 31, 2010 pukul 8:23 am

    hmmm
    apa sech bandwith thu?

  20. November 3, 2010 pukul 4:10 am

    xL’ bandwith q g tw,,,,,
    tp, xL’ sandwich q tw
    hahahahahaha

    ,,,,,,just kidd

  21. November 4, 2010 pukul 1:59 am

    nunanunona :
    maksih

    uiohhhhhhhhjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnjnm. m

  22. syifa
    November 4, 2010 pukul 5:20 am

    hmmm….boleh..boleh..boleh…

  23. viona dan putri
    November 5, 2010 pukul 3:24 am

    ,.,.animasi’na kerrreeeennnn.,. ^^ ahihhihii………….

  24. doyseta
    Juni 22, 2011 pukul 4:11 am
  25. doyseta
    Juni 22, 2011 pukul 4:14 am

    ASTIE
    [Arti dan Pengertian Bandwidth]

    Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik.

    Gitu mas jadi suatu ukuruan yang tak ada wujudnya :P

  26. doyseta
    Juni 22, 2011 pukul 4:17 am

    Dea Purtiana..
    Ea XL kekecilan x ea.. minding S…:P salah!!!!!

  27. doyseta
    Juni 22, 2011 pukul 4:18 am

    mas Sama………….. ea tar tak follow Bu e :D

  28. doyseta
    Juni 22, 2011 pukul 4:19 am

    Poetra#:::::…..
    yang lebih mahal ada… Heheheheh :D guyong

  29. doyseta
    Juni 22, 2011 pukul 4:20 am

    Poespa :
    Yu mari………

  30. Oktober 24, 2011 pukul 2:23 am

    perangkat yang luar biasa yang di hasilkan dri pemikiran yang jinius……….

  31. aisyah
    November 1, 2011 pukul 5:39 am

    IK :
    tolong dong, perangkat apa aja si yg dipakai u/ membangun wi-fi

    modem,komputer,saluran telepon

  32. Arina
    November 17, 2011 pukul 9:49 am

    Thanl’s ya ….
    buat informasinya …..
    ^_^

  33. elly
    November 26, 2011 pukul 5:16 am

    T.F.U :-D

  34. Juni 24, 2013 pukul 9:42 pm

    Greetings from Florida! I’m bored at work so I decided to check out your site on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you provide here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how fast your blog loaded on my phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .
    . Anyhow, wonderful site!

  35. Agustus 1, 2013 pukul 5:25 am

    Ahaa, its nice dialogue about this piece of writing
    here at this web site, I have read all that, so at this time me also commenting at
    this place.

  36. rio
    Oktober 29, 2013 pukul 12:17 pm

    ada artikelnya yang banyaknya 15 lmbar atau lbih?

  37. April 10, 2014 pukul 1:24 pm

    In fact when someone doesn’t be aware of after that its
    up to other viewers that they will help, so here it occurs.

  38. April 16, 2014 pukul 12:52 pm

    Play a game of hide and seek with your man for some time till he falls
    prey to your secret intentions. Find things to do like engage yourself with other work
    instead of bothering yourself as well as him
    about the same old topic. Getting your ex girlfriend to
    miss you is the first step in making her want you again, and it must be accomplished
    as soon as possible.

  39. April 18, 2014 pukul 1:08 am

    If some one needs to be updated with latest technologies then
    he must be pay a visit this web page and be up to date all the time.

  40. Mei 3, 2014 pukul 9:43 am

    I am really happy to glance at this website posts which consists of plenty of useful data, thanks for providing these
    information.

  41. September 15, 2014 pukul 3:35 pm

    Hmm it looks like your blog ate my first comment (it was extremely long) so I guess I’ll just sum
    it up what I submitted and say, I’m thoroughly enjoying your blog.
    I too am an aspiring blog writer but I’m still new to the whole thing.
    Do you have any helpful hints for inexperienced blog writers?

    I’d genuinely appreciate it.

  1. November 6, 2009 pukul 3:09 am
  2. Juni 22, 2011 pukul 4:29 am
  3. Agustus 28, 2011 pukul 9:54 am
  4. Maret 5, 2012 pukul 2:17 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: